Rindu Kebersamaan Dengan Pandu Desa Gelombang V (Kelima)

Pandu Desa yang mengikuti Pelatihan dan Bimbingan Teknik Pengelolaan Sistem Informasi Desa Gelombang V (kelima). (dok : gyamphkanp)

Sariwangi (16/11/2018). Kegiatan Pelatihan dan Bimbingan Teknik Pengelolaan Sistem Informasi Desa se-Kabupaten Tasikmalaya disebut pula dengan Sekolah Pandu Informatika yang dilaksanakan di Kampung Cinunjang Desa Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya, melibatkan 702 peserta yang berasal dari 39 Kecamatan atau 351 Desa yang berada di Kabupaten Tasikmalaya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran tentang tata kelola sistem informasi desa seperti keuangan desa, transparansi anggaran desa, pemetaan desa serta Jurnalisme dan data kependudukan yang semuanya terhimpun atau terdapat dalam aplikasi Sideka.

Pada tanggal 10 Agustus 2018, Pemerintah Kecamatan Sariwangi menindak lanjut surat dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana (DPMDPAKB) Kabupaten Tasikmalaya degan mengirimkan surat untuk para Kepala Desa di wilayah Kecamatan Sariwangi agar menugaskan 2 (dua) peserta untuk mengikuti Pelatihan dan Bimbingan Teknik Pengelolaan Sistem Informasi Desa atau sekolah Pandu Informatika. 2 (dua) peserta Pelatihan tersebut diantaranya, 1 (satu) peserta dari Perangkat Desa (laki-laki atau perempuan) dan 1 (satu) peserta lainnya dari pengurus BUMDes/masyarakat penggerak Desa (laki-laki atau perempuan).

Baca Juga : Sistem Informasi Desa Dan Kawasan (SIDEKA) Dari Desa, Oleh Desa Dan Untuk Desa

Bapak Nana Setia Permana, S.IP. Kasi PMD Kecamatan Sariwangi. (dok : Rizki Restu Fauzi)

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kecamatan Sariwangi Bapak Nana Setia Permana, S.IP., mengungkapkan “Pelatihan dan Bimbingan Teknik Pengelolaan Sistem Informasi Desa se-Kabupaten Tasikmalaya ini di kemudian hari dapat membantu Desa-desa mengetahui mengembangkan Potensi Desanya sendiri, selain itu dengan Sistem Informasi Desa transparansi tentang Desa dan Pemerintahan Desa baik untuk Masyarakat maupun pemerintahan Pusat atau daerah”. “Yang menjadi Pandu Desa itu bukan hanya yang mengikuti Pelatihan ini saja tetapi seluruh Perangkat Desa minimal nya dan masyarakat umum yang peduli dan mau mengembangkan Desa-nya” ungkap pria yang berdomisili di Desa Margajaya Kecamatan Mangunreja ini.

Panitia pelaksana kegiatan Pelatihan dan Bimbingan Teknik Pengelolaan Sistem Informasi Desa se-Kabupaten Tasikmalaya menjadwalkan peserta pelatihan dari Kecamatan Sariwangi dalam  gelombang V (kelima).  Selain peserta pelatihan dari Kecamatan Sariwangi yang mengikuti pelatihan gelombang V (kelima) terdapat pula peserta dari Kecamatan Mangunreja, Puspahiang, Sukarame, Leuwisari, dan Cigalontang. Peserta pelatihan gelombang V (kelima) mendapat jadwal pelatihan pada tanggal 24 – 29 September 2018 untuk sesi pertama dan tanggal 05 – 07 November 2018 untuk pelatihan sesi kedua.

Untuk peserta pelatihan gelombang V (kelima) terdapat 102 (seratus dua) peserta pelatihan atau dari 51 (lima puluh satu) Desa dari 6 (enam) Kecamatan tersebut diatas. Berikut dibawah ini adalah data nama Kecamatan dan nama Desa yang mengikuti pelatihan gelombang V (lima). Diantaranya adalah :

  1. Kecamatan Sariwangi diantaranya Desa Jayaputra, Jayaratu, Linggasirna, Sariwangi, Selawangi, Sirnasari, Sukaharja dan Sukamulih;
  1. Kecamatan Leuwisari diantaranya Desa Arjasari, Ciawang, Cigadog, Jayamukti, Linggamulya, Linggawangi dan Mandalagiri;
  1. Kecamatan Cigalontang diantaranya Desa Cidugaleun, Cigalontang, Jayapura, Kersamaju, Lengkongjaya, Nangerang, Nangtang, Parentas, Puspamukti, Pusparaja, Sirnagalih, Sirnaputra, Sirnaraja, Sukamanah, Tanjungkarang dan Tenjonagara;
  1. Kecamatan Mangunreja diantaranya Desa Mangunreja, Margajaya, Pasirsalam, Salebu, Sukaluyu dan Sukasukur;
  1. Kecamatan Sukarame diantaranya Desa Padasuka, Sukamenak, Sukakarsa, Sukarame, Sukarapih dan Wargakerta;
  1. Kecamatan Puspahiang diantaranya Desa Cimanggu, Luyubakti, Mandalasari, Puspahiang, Puspajaya, Pusparahayu, Puspasari dan Sukasari.

Para peserta Pelatihan dan Bimbingan Teknik Pengelolaan Sistem Informasi Desa se-Kabupaten Tasikmalaya ini selanjutnya disebut juga dengan Pandu Desa. Pandu Desa adalah komunitas relawan yang mendorong kemajuan Desa. Secara otomatis Pandu Desa harus mampu meningkatkan tata kelola Sistem Informasi Desa yang selanjutnya untuk di ditularkan kemampuan itu kepada Perangkat Desa atau masyarakat penggerak Desa yang mau mendorong kemajuan Desa. Sehingga di kemudian hari mampu mensosialisasikan ke masyarakat umum mengenai informasi desa dan mampu mengoptimalkan aplikasi Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDEKA) baik website maupun desktop.

Agus Koharudin, Pandu Desa Hastawangi yang bercita-cita jadi Fotografer Profesional. (dok : AKoharudin)

“Setelah berlalunya kegiatan ini kami rindu bertemu dengan mereka (Pandu Desa-red) yang dari Desa dan Kecamatan lain yang satu gelombang (gelombang V-red) dengan Kami (Pandu Desa Hastawangi-red)” ungkap Agus Koharudin salah satu Pandu Desa Hastawangi Kecamatan Sariwangi yang mungkin rindu salah satu Pandu Desa dari Kecamatan lain. Setelah berakhirnya kegiatan pelatihan dan bimbingan teknis ini para Pandu Desa sangat mengharapkan tetap menjalin silaturahmi dan berkomunikasi dan bisa berbagi ilmu yang telah didapatkan saat kegiatan Pelatihan dan Bimbingan Teknik Pengelolaan Sistem Informasi Desa se-Kabupaten Tasikmalaya di Desa Mandalamekar. Selain ilmu juga berharap bisa berbagi trik dan strategi dalam memajukan Desa-nya antara satu Pandu Desa dengan pandu Desa lainnya dapat ditularkan untuk menjadi rujukan dalam memajukan Desa para Pandu Desa pada khususnya, dan untuk Kabupaten Tasikmalaya pada umumnya. (gyamphkanp).

Facebook Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Para Pandu Desa Bersua Untuk Mencapai Tujuan Yang Sama Guna Membangun Desa – Desa Sariwangi Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya

Tinggalkan Balasan