Rapat Pleno Terbuka Penyusunan Daftar Pemilih Tetap Hasil Pencermatan-2 (DPTHP-2) Tingkat Kecamatan Sariwangi

Rapat Pleno Terbuka Penyusunan Daftar Pemilih Tetap Hasil Pencermatan-2 (DPTHP-2). (dok : Dede Muhamad)

Sariwangi (10/11/2018). Pada hari Jum’at 09 November 2018, tampak terlihat begitu banyak orang yang memarkirkan kendaraannya di halaman Kantor UPK – DAPM Sariwangi. Kantor tersebut berjarak sekitar 10 (sepuluh) meter dari Kantor Kepala Desa Sariwangi yang beralamat di Jalan Sariwangi Kampung Kertasari Sariwangi Tasikmalaya. Nampak pula disana terparkir Kendaraan Dinas Camat Sariwangi Bapak Herman Dahlan, S.IP. Ada apakah gerangan disana?

Tepat di ruangan aula rapat Kantor UPK – DAPM Sariwangi, Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kecamatan Sariwangi mengadakan Rapat Pleno Terbuka Penyusunan Daftar Pemilih Tetap Hasil Pencermatan 2 (DPTHP 2) dan dilanjutkan dengan Deklarasi Bersama Pemilu 2019 Tingkat Kecamatan Sariwangi. Seluruh kegiatan tersebut untuk persiapan Pemilihan Umum Anggota Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) yang dilaksanakan serentak 17 April 2019 nanti.

Baca Juga : Deklarasi Bersama Pemilu 2019 Tingkat Kecamatan Sariwangi.

Rapat Pleno ini berbeda dengan sebelumnya, yang sebelumnya pelaksanaan Rapat Pleno diselenggarakan PPS Desa di wilayah Desa-nya itu sendiri namun saat ini diselenggarakan suatu tempat tepatnya di wilayah Desa Sariwangi yang pesertanya seluruh PPS se-Kecamatan Sariwangi. Rapat Pleno Terbuka saat ini adalah rapat lanjutan yang telah dilaksanakan di bulan sebelumnya oleh setiap PPS di wilayah Kecamatan Sariwangi. Dalam Rapat tersebut dihadiri oleh Camat Kecamatan Sariwangi, KAPOLSEK Leuwisari, DANRAMIL 1212 Leuwisari, Pimpinan Cabang Partai-partai Politik, beberapa Calon Anggota Legislatif, Panitia Pengawas Pemilu (PANWASLU) Kecamatan Sariwangi, Penyelenggara Pemungutan Kecamatan (PPK) Kecamatan Sariwangi dan PPS se-Wilayah Kecamatan Sariwangi. Acara tersebut dimulai pada pukul 13.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Santi Siti Susanti, ODP PPS Desa Sariwangi sedang menyelesaikan Daftar Pemilih Tetap Hasil Pencermatan (dok : gyamphkanp)

Dalam Rapat Pleno tersebut disampaikan pula beberapa kendala yang dihadapi oleh ODP (Operator Data Pemilih)  PPS Pileg dan Pilpres tahun 2019. Kendala tersebut dialami juga oleh ODP PPS Desa Sariwangi dengan permasalahan yang dihadapi di lapangan dalam pelaksanaan coklit (pencocokan dan penelitian) terbatas dari data non DPT Desa Sariwangi yang diterima. ODP PPS Desa Sariwangi, Santi Siti Susanti mengungkapkan “Waktu pelaksanaan coklit sangat terbatas untuk menyelaraskan data non DPT di lapangan yang kemungkinan belum masuk  data DPTHP-1” menurutnya. “Kendala lainnya Kami harus menyesuaikan kuota DPT yang dalam 1 (satu) TPS (Tempat Pemungutan Suara-red) maksimal 300 (tiga ratus) Pemilih agar dapat masuk sistem Aplikasi Sicoklit atau pun Sidalih. Jadi kami harus memindahkan beberapa Pemilih masuk ke DPT TPS yang lainnya agar bisa di input ke aplikasi tersebut” ungkapnya dalam Rapat tersebut.

Operator Data Pemilih PPS Desa Sariwangi beserta Ketua PPS dan Anggota PPS menyiasati menyelesaikan masalah ini dengan membagi tugas diantara mereka dibantu dengan Sekretariat PPS Desa Sariwangi. Data yang didapatkan untuk Data Non DPT Desa Sariwangi terdapat 101 (seratus satu) pemilih data tersebut dapat dilihat atau didownload di Rekap Data Non DPT. Sedangkan untuk Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Pencermatan diuraikan secara lengkap menurut jumlah TPS di Desa Sariwangi, dapat dilihat atau didownload di Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Pencermatan Desa Sariwangi.

Berikut dibawah ini Daftar Pemilih Tetap Hasil Pencermatan-2 (DPTHP-2), tingkat Kecamatan Sariwangi sebagai berikut :

Daftar Pemilih Tetap Hasil Pencermatan-2 (DPTHP-2)

Tingkat Rekap Data Non DPT Kecamatan Sariwangi

NO NAMA DESA LAKI-LAKI PEREMPUAN JUMLAH
1 JAYAPUTRA 1.378 1.324 2.702
2 JAYARATU 1.655 1.602 3.257
3 LINGGASIRNA 1.880 1.763 3.643
4 SARIWANGI 1.202 1.196 2.398
5 SELAWANGI 1.413 1.337 2.750
6 SIRNASARI 1.962 1.845 3.807
7 SUKAHARJA 2.081 2.027 4.108
8 SUKAMULIH 1.549 1.407 2.956
JUMLAH 13.120 12.501 25.621

Sumber : PPS se-Kecamatan Sariwangi

Datangnya Pemilih Non DPT dari KPU Tasikmalaya yang disinyalir ada yang belum masuk DPTHP-1, contohnya data yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan data yang sudah meninggal. Selain TMS terdapat juga beberapa data pemilih yang harus di rubah seperti kesalahan dalam nomor kartu keluarga, nomor induk kependudukan, status pernikahan dan jenis kelamin. Walau mendapat beberapa kendala seperti itu para ODP PPS mampu menyelesaikan sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Penyampaian tata cara pemilu 2019 oleh Panwascam. (dok : Santi Siti Susanti)

Dalam Rapat Pleno kali ini juga dari pihak Kapolsek Leuwisari  memberikan imbauan atau pun ajakan supaya bisa menjaga keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan  pemilu 2019 kepada semua pihak yang terkait.  Imbauan selanjutnya disampaikan kepada para partai politik dan caleg supaya menjaga ketertiban dalam penyelenggaraan kampanye dan mengikuti aturan yang sudah ditentukan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum).

Di kesempatan lain PANWASLU juga memberikan penjelasan tentang tahapan penyelenggaraan pemilu 2019 serta cara kampanye yang baik dan aman. PANWASLU juga menghimbau supaya tidak melanggar dalam penyelenggaraan kampanye seperti pemasangan APK (Alat Peraga Kampanye) untuk ditempatkan di tempat yang sesuai dengan aturan yang di tentukan oleh KPU. Sehari sebelumnya terdapat 102 (seratus dua) APK yang dibersihkan dan dicopot karena tidak sesuai dengan titik lokasi yang di tentukan yang melanggar aturan yang berlaku. “Untuk PPK, PPS dan KPPS agar tidak berpihak kepada salah satu calon atau salah satu partai politik atau harus bersikap netral dan independen” ungkap Ajang Supriatna Ketua Panwaslu Kecamatan Sariwangi. “PANWASLU  berencana mengadakan sosialisasi ke Desa-desa supaya agar masyarakat juga mengetahui tentang aturan yang berlaku dan untuk mengurangi pelanggaran-pelanggaran dalam mengikut kampanye” tambahnya.

Kontributor                   : Santi Siti Susanti & Gyamphkanp

Data                                : Santi Siti Susanti

Dokumentasi                : Santi Siti Susanti, Dede Muhammad & Gyamphkanp

Editor                             : Gyamphkanp

Facebook Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Deklarasi Bersama Pemilu 2019 Tingkat Kecamatan Sariwangi – Desa Sariwangi Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya

Tinggalkan Balasan