Launcing Dana Desa Tahap 3 (tiga) Desa Sariwangi Tahun Anggaran 2018

Suasana Lounching Dana Desa tahap 3 (tiga)

Sariwangi (04/11/2018). Dalam UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA, dijelaskan tentang Alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara bersumber dari Belanja Pusat dengan mengefektifkan program yang berbasis Desa secara merata dan berkeadilan. Alokasi Anggaran tersebut sering disebut dengan Dana Desa. Dana Desa dialokasikan oleh pemerintah pusat melalui mekanisme transfer kepada Pemerintah Kabupaten/Kota. Selanjutnya Pemerintah Kabupaten/Kota menyalurkan  Dana Desa melalui Rekening Kas Desa (RKD) kepada Pemerintahan Desa melalui mekanisme yang sama yaitu sistem transfer.

Definisi Dana Desa tertuang dalam PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 60 TAHUN 2014 SEBAGAIMANA TELAH DIUBAH DENGAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 22 TAHUN 2015 DAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 8 TAHUN 2016 TENTANG DANA DESA YANG BERSUMBER DARI ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA NEGARA. Dana Desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi Desa dan Desa Adat yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja  Daerah  Kabupaten/Kota  dan  digunakan  untuk  membiayai  penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan masyarakat, dan kemasyarakatan. Setelah Dana Desa masuk ke Rekening Kas Desa (RKD) selanjutnya Pemerintah Desa merealisasikan-nya sesuai dengan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa. RKD sendiri, adalah rekening tempat menyimpan uang Pemerintahan Desa yang menampung seluruh penerimaan Desa dan untuk membayar seluruh pengeluaran Desa pada bank yang ditetapkan.

Desa Sariwangi  merupakan salah satu Desa yang mendapatkan Alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang berupa Dana Desa. Bantuan Dana Desa (DD) Desa Sariwangi Tahun Anggaran 2018, sebesar Rp. 724.470.500,- (tujuh ratus dua puluh empat juta empat ratus tujuh puluh ribu lima ratus rupiah). Pencairan dilakukan dalam 3 (tiga) tahapan dengan persentase untuk tahap 1 (satu) 20% Rp. 144.894.100,- (seratus empat puluh empat juta delapan ratus Sembilan puluh empat ribu seratus rupiah), tahap 2 (dua) 40% Rp. 289.788.200,- (dua ratus delapan puluh sembilan juta tujuh ratus delapan puluh delapan ribu dua ratus rupiah), dan tahap 3 (tiga) 40% Rp. 289.788.200,- (dua ratus delapan puluh sembilan juta tujuh ratus delapan puluh delapan ribu dua ratus rupiah).

Bapak Muslim (kedua dari kiri) Kepala Desa Sariwangi memberikan sambutannya dalam Launching Dana Desa Tahap 3 (tiga) (dokumen : gyamphkanp)

Kepala Desa Sariwangi, Bapak Muslim mengungkapkan “Anggaran Dana Desa tahap 3 (tiga) ditransfer Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya dan masuk Rekening Kas Desa (RKD) pada tanggal 25 Oktober 2018 sebesar Rp. 289.788.200,- (dua ratus delapan puluh sembilan juta tujuh ratus delapan puluh delapan ribu dua ratus rupiah)”. “Kami juga sudah men-transfer ke Rekening BUMDes tanggal 01 November 2018 untuk segera direalisasikan. Saya berharap Perkembangan usaha BUMDes yang sehat akan berdampak positip untuk kemajuan Desa dan tidak menutup kemungkinan di kemudian hari Pemerintah Desa Sariwangi menyalurkan kembali tambahan Modal untuk BUMDes” tambahnya.

Pemerintah Desa Sariwangi pada tanggal 02 November 2018 melaksanakan Launching Dana Desa Tahap 3 (tiga). Dana Desa tersebut telah masuk ke Rekening Kas Desa pada tanggal 26 Oktober 2018 yang di transfer dari Rekening Kas Pemerintah daerah Kabupaten Tasikmalaya. Dari pencairan Dana Desa tahap 3 (tiga) sebesar Rp. 289.788.200,- (dua ratus delapan puluh sembilan juta tujuh ratus delapan puluh delapan ribu dua ratus rupiah), Pemerintah Desa Sariwangi menggunakan untuk :

  1. Pembangunan Saluran Air Toha Dusun Kertasari dengan kebutuhan biaya Rp. 97.255.900,- (sembilan puluh tujuh juta dua ratus lima puluh lima ribu sembilan ratus rupiah). Kegiatan pembangunan telah mulai dilaksanakan pada tanggal 03 November 2018.
  2. Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) Volume 1 Paket Dusun Leuwipeusing dengan kebutuhan biaya Rp. 92.532.300,- (sembilan puluh dua juta lima ratus tiga puluh dua ribu tiga ratus rupiah);
  3. Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan kebutuhan biaya Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah). Dana tersebut telah ditransfer ke rekening BUMDes pada tanggal 01 November 2018.
Bapak Nana Setia Permana, S.IP. (kanan), Kasi PMD Kecamatan Sariwangi memberikan sambutannya dalam Launching Dana Desa Tahap 3 (tiga) (dokumen : gyamphkanp)

Kasi PMD Kecamatan Sariwangi, Bapak Nana Setia Permana, S.IP., menambahkan ungkapan Kepala Desa Sariwangi “Produk BUMDes diupayakan jenis usaha yang sedang dan sangat diminati oleh Masyarakat Desa Sariwangi. Pengurus BUMDes juga harus berinovasi agar dana yang digulirkan kepada BUMDes akan menjadi penambahan Pendapatan Asli Desa” begitu tuturnya. Selain itu Kepala Seksi Pemberdayaan masyarakat Desa Kecamatan Sariwangi ini juga mengamanatkan BPD dan Masyarakat melakukan pengawasan setiap Anggaran Dana Desa dan Dana yang lainnya yang masuk Rekening Kas Desa sebagai upaya pembangunan Desa yang lebih baik, bersih, dan transparan.

Memang untuk saat ini BUMDes yang paling banyak disorot. BUMDes diharapkan bisa menjadi modal dasar agar sebuah Desa menjadi lebih mandiri, kreatif dan inovatif. Ke depannya diharapkan BUMDes mampu menunjang Pendapatan Asli Desa bahkan lebih dikembangkan lagi menjadi perusahaan milik desa yang lebih berkembang sampai menjadi go public. Tidak menutup kemungkinan di kemudian hari Pemerintah Pusat tidak lagi memberikan Anggaran Dana desa kepada Desa. Namun dengan adanya BUMDes, jika hal tersebut terjadi semua Rencana Kerja Pemerintahan Desa akan tertanggulangi dananya dari BUMDes tanpa Bantuan Pemerintah Pusat. Semoga Alloh memberikan berkah dan melancarkan segala kegiatan di pemerintahan Desa Sariwangi.

Kepala Desa Sariwangi Bapak Muslim menyerahkan bantuan Dana TA 2018 Desa secara simbolis kepada Ketua TPK Drs. Mulyadi. (dokumen : gyamphkanp)
Kepala Desa Sariwangi Bapak Muslim menyerahkan bantuan Dana Desa TA 2018 secara simbolis kepada Ketua Pengurus BUMDes Neti Mayasari, berupa bukti transfer. (dokumen : gyamphkanp)

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan secara simbolis anggaran Dana Desa kepada Ketua TPK, Drs. Mulyadi dan Ketua Pengurus BUMDes, Neti Mayasari. Penyerahan tersebut mengisyaratkan bahwa Kepala Desa Sariwangi menyerahkan segala tanggung jawab kegiatan, pengelolaan, administrasi dan pelaporan kemudian hari kepada kepada Ketua TPK dan Ketua Pengurus BUMDes.

Dalam sambutannya Ketua TPK berharap BPD dan masyarakat mengawasi kegiatan dan memberikan masukan positip demi kemajuan pembangunan Desa Sariwangi. Selain itu Ketua TPK Desa Sariwangi berharap kemudian hari BUMDes dan TPK bekerja sama untuk kegiatan pembangunan Desa. “Saya berharap ke depannya BUMDes dan TPK mampu bekerjasama untuk kegiatan fisik pembangunan Desa Sariwangi, sehingga dana yang bergulir tidak keluar dari Desa Sariwangi” begitu imbuh-nya.

Sistem pemerintahan yang terbuka dan transparan menjadi komitmen yang harus diwujudkan salah satunya dengan Launching Dana Desa. Launching Dana Desa ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada Masyarakat Desa Sariwangi tentang waktu, tempat, dan besaran dana dalam satu kegiatan Bantuan Dana Desa dilaksanakan.  Tujuan lainnya masyarakat juga akan tau pemanfaatannya untuk masyarakat Desa Sariwangi tentang Bantuan Dana Desa tersebut.

Pemerintah Desa Sariwangi telah melaksanakan pembangunan dari pencairan Dana Desa tahap 1 (satu) sebesar Rp. 144.894.100,- (seratus empat puluh empat juta delapan ratus Sembilan puluh empat ribu seratus rupiah). dalam pencairan tahap 1 (satu) ini dipergunakan untuk kegiatan pembangunan fisik.  kegiatan tersebut diantaranya pembangunan jalan setapak dan saluran air Dusun Kertasari dengan kebutuhan biaya Rp. 75.174.600,- (tujuh puluh lima juta seratus tujuh puluh empat ribu enam ratus rupiah). Dan selanjutnya pembangunan jalan setapak dan saluran air Cibiru – Leuwipeusing Dusun Leuwipeusing dengan kebutuhan biaya Rp. 69.719.500,- (enam puluh sembilan juta tujuh ratus sembilan belas ribu lima ratus rupiah).

Perbaikan Jalan  Desa (Bojongpetir – Cilenga Tonggoh) Dusun Bojongpetir yang menggunakan bantuan Dana Desa tahap 2 (dua) Desa Sariwangi. (dokumentasi : gyamphkanp)

Dalam pencairan Dana Desa tahap 2 (dua) sebesar Rp. 289.788.200,- (dua ratus delapan puluh sembilan juta tujuh ratus delapan puluh delapan ribu dua ratus rupiah), Pemerintah Desa Sariwangi juga telah merealisasikannya. sama dengan tahap 1 (satu) Bantuan Dana Desa dialokasikan kegiatan fisik pembangunan Desa. kegiatan tersebut antaranya pembangunan jalan Bojongpetir – Cilenga Tonggoh Dusun Bojongpetir dengan kebutuhan biaya Rp. 178.502.800,- (seratus tujuh puluh delapan juta lima ratus dua ribu delapan ratus rupiah). selanjutnya pembangunan saluran air Parakanlisung Dusun Kertasari dengan kebutuhan biaya Rp. 111.285.400,- (seratus sebelas juta dua ratus delapan puluh lima ribu empat ratus rupiah).

(gyamphkanp)

Facebook Comments

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Pembangunan fisik terakhir dengan bantuan Dana Desa di akhir tahun Anggaran 2018 – Desa Sariwangi Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya
  2. Monitoring Dana Desa Tahap 3 (tiga) Pembangunan TPT Saluran Air Toha Desa Sariwangi Kecamatan Sariwangi – Desa Sariwangi Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya

Tinggalkan Balasan