Rapat Koordinasi Dan Pembinaan Administrasi Ketua RW Dan Ketua RT Se-Wilayah Desa Sariwangi Kecamatan Sariwangi Tahun 2019

Sariwangi,(24/10/2018). Pada hari Rabu tanggal 24 Oktober 2018, Pemerintahan Desa Sariwangi mengadakan Rapat Koordinasi dan Pembinaan Administrasi untuk Para Ketua Rukun Warga (RW) dan Para Ketua Rukun Tetangga (RT) se-wilayah Desa Sariwangi. Kegiatan tersebut bertujuan untuk melancarkan dan meningkatkan pelayanan masyarakat Desa Sariwangi serta penertiban administrasi guna membuat laporan dan informasi atas kelangsungan masyarakat Desa Sariwangi. Sehingga di kemudian hari dengan tertib nya administrasi memudahkan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah atau pun Pemerintah Desa dalam melaksanakan program-program Pemerintah yang berkaitan dengan Ekonomi, Sosial, Ekonomi dan Budaya. Disisi lain dengan tertib nya administrasi memudahkan untuk mengembangkan potensi Desa dan mengembangkan produk desa yang lebih berkualitas.

Sambutan Kepala Desa Sariwangi, Bapak Muslim (kanan).

Rapat Koordinasi dan Pembinaan Administrasi yang bertempat di Aula Kantor Kepala Desa Sariwangi, dihadiri oleh para Ketua RW dan Ketua RT se-wilayah Desa Sariwangi, Kepala Desa dan Perangkat Desa. Kegiatan tersebut dilaksanakan dari jam 08.30 WIB. sampai dengan 11.30 WIB. Dalam sambutannya Kepala Desa Sariwangi Bapak Muslim mengulas tentang  tugas, fungsi dan juga hak Ketua RW dan Ketua RT. “Kami Pemerintah Desa Sariwangi berharap Tupoksi Ketua RW dan Ketua RT lebih dimaksimalkan guna membantu dalam pelayanan masyarakat dan melaksanakan pengadministrasian secara lengkap minimal kependudukan terlebih dahulu”. ”Selain itu di kemudian hari semua bisa menggunakan Teknologi Informasi guna memaksimalkan pelayanan masyarakat Desa Sariwangi” Tambahnya.

 

Berikut ini adalah penjelasan mengenai tugas, fungsi, dan hak Ketua RW dan Ketua RT :

Tugas :

  1. Melaksanakan tugas pokok Ketua RW dan Ketua RT, dan berikut
    • Melancarkan pelayanan masyarakat, dalam hal ini meningkatkan kinerja pemerintah tingkat desa dalam menangani warga
    • Mewujudkan kehidupan masyarakat yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945
    • Memaksimalkan peran serta masyarakat dengan gotong royong maupun swadaya dan kegiatan-kegiatan lainnya
    • Mendorong stabilitas nasional dari susunan paling kecil di dalam masyarakat dengan menjaga keamanan serta ketertiban wilayah tersebut
    • Menjadi sarana penghubung yang paling dekat antara masyarakat dan pemerintah dan secara langsung berhubungan dengan masyarakat
    • Memberikan informasi dan penjelasan kepada masyarakat atas program pemerintah
    • Mendukung pelaksanaan program pemerintah dengan mendorong masyarakat untuk ikut serta melakukan dukungan dan partisipasi
    • Membina warga untuk meningkatkan kualitas hidup dalam wilayah tersebut
  1. Melaksanakan musyawarah serta mengambil keputusan dari musyawarah tersebut
  2. Menerima masukan masyarakat serta memprosesnya dengan melakukan penyusunan rencana berdasarkan keinginan masyarakat untuk selanjutnya diproses apakah layak untuk ditindaklanjuti
  3. Membina warga setempat agar hidup dalam kekeluargaan
  4. Membantu dalam pelayanan masyarakat yang menjadi tugas pemerintah daerah
  5. Membuat laporan atas kelangsungan kehidupan warga yang sekiranya perlu dilaporkan
  6. Membuat laporan atas kegiatan organisasi secara berkala

Fungsi :

  1. Membuat data penduduk akan survey tertentu yang diperlukan sebagai arsip desa atau kelurahan
  2. Menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan tertentu
  3. Membuat gagasan berdasarkan aspirasi warga
  4. Melakukan koordinasi atas masyarakat serta organisasi itu sendiri
  5. Mengurus fasilitas masyarakat
  6. Menjamin hubungan antar warga dan Pemerintah Desa

Hak :

  1. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada kepala desa atau lurah berdasarkan musyawarah dan masukan dari warga
  2. Memilih dan dipilih sebagai pengurus
  3. Memberikan kritik maupun masukan atas keputusan yang dilakukan oleh desa atau kelurahan
Sekretaris Desa Rostiani (kiri), dan Kasi Pemerintahan Mohamad Ramdan (kanan)

Dalam kesempatan tersebut juga Kasi Pemerintahan Desa Sariwangi, Mohamad Ramdan menyampaikan informasi dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tasikmalaya, tentang persyaratan pembuatan Kartu Keluarga dan KTP-el. Dia berharap para Ketua RW dan Ketua RT mensosialisasikannya kepada warga Desa Sariwangi guna memudahkan memproses data kependudukan seperti KK dan KTP-el. Namun sungguh disayangkan ketersediaan blangko KTP-el sangat terbatas di Kabupaten Tasikmalaya sehingga beberapa warga Desa Sariwangi tidak memiliki KTP-el dan hanya memiliki Surat Keterangan yang dikeluarkan oleh Disdukcapil sebagai pengganti sementara. Untuk memudahkan Pemerintahan Desa Sariwangi akan memfasilitasi Ketua RT untuk efektivitas pengadministrasian data kependudukan di wilayah Desa Sariwangi.

 

Guruh Yudha Aprianto, A.Md.T., Kaur Tata Usaha dan Umum Desa Sariwangi

Di sesi berikutnya, Guruh Yudha Aprianto, A.Md.T. selaku Kaur Tata Usaha dan Umum Desa Sariwangi yang pernah mengikuti Bimbingan Teknis Sistem Informasi Desa dan Kawasan di Desa Mandalamekar bulan lalu ikut menyampaikan tentang Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDEKA) kepada peserta Rapat. “Peran serta Ketua RW dan Ketua RT dalam pendataan kependudukan dapat membatu efektivitas pengadministrasian dan Pelaporan di Pemerintahan Desa, sehingga program-program pemerintah dapat terealisasikan dengan data akurat dari desa itu sendiri yang melihat, mendengar dan merasakan warga Desa-nya” ungkapnya. “Tidak dapat dipungkiri pendataan yang sangat akurat itu adalah bersumber dari Desa dan asasnya adalah dari para Ketua RW dan RT” tambahnya. Dengan SIDEKA sendiri penghimpunan data dilakukan secara online sehingga Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa, warga Desa itu sendiri atau pun dari luar negeri sekalipun dapat mengetahui dan memantau nya secara langsung saat itu juga secara akurat dan autentik. Selain itu aplikasi SIDEKA juga dapat mempermudah pelayanan Kemasyarakatan Desa.

Ahmad Taufik Suja’i S.Ag., (kiri), Kasi Kesejahteraan

Dalam sesi akhir, Kasi Kesejahteraan Ahmad Taufik Suja’i, S.Ag. ikut menambahkan, “Data Kependudukan dari Bapak-bapak Ketua RW dan Ketua RT dapat membantu dan memudahkan saya terutama dalam pelaporan ke Dinas Sosial, contohnya saat ini Kami membutuhkan Data Lansia, Rutilahu dan verifikasi Basis Data terpadu (BDT) untuk bulan november nanti”. Sistem pengadministrasian yang lakukan secara profesional oleh Ketua RW dan Ketua RT dapat membantu memudahkan dalam proses pelaporan ke pihak-pihak terkait yang bersinggungan dengan Pemerintahan Desa guna kesejahteraan masyarakat Desa Sariwangi.

Rencana kemudian hari, Kegiatan Rapat Koordinasi dan pembinaan akan dilaksanakan 4 (empat) kali atau 3 (tiga) kali dalam setahun. Kegiatan ini adalah upaya meningkatkan kualitas administrasi untuk meningkatkan pelayanan masyarakat, memudahkan program pemerintah secara langsung ke sasaran, memudahkan Pemerintah untuk memfasilitasi dalam menggali potensi Desa, menciptakan produk desa, dan memudahkan kinerja Pemerintahan Pesa dalam upaya pelaporan dan atau pelaksanaan kegiatan guna peningkatan pembangunan Desa dari berbagai sektor. Semoga upaya yang dilakukan saat ini menjadi hikmah dan dapat berimbas postip untuk Warga Desa Sariwangi dan Desa Sariwangi itu sendiri. Aaamiiiin. (gyamphkanp).

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan