Musyawarah Pembentukan Tim Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) Desa Sariwangi Kecamatan Sariwangi Tahun 2019

Sariwangi,(23/10/2018). Pemerintah Desa Sariwangi pada tanggal 22 Oktober 2018 telah melaksanakan Musyawarah Pembentukan Tim Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) Desa Sariwangi Kecamatan Sariwangi Tahun 2019 yang bertempat di Aula Kantor Kepala Desa Sariwangi. Dalam musyawarah tersebut dihadiri 37 (tiga puluh tujuh) peserta musyawarah dari 50 (lima puluh) undangan yang di sebar. Peserta musyawarah yang terdiri dari Unsur Kecamatan, Kepala Desa dan Perangkat Desa, Unsur BPD, LPM, Ketua RT, Ketua RW, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Perempuan.

Musyawarah Pembentukan Tim Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) Desa Sariwangi

Dalam musyawarah tersebut sebelumnya terdapat beberapa sambutan dari unsur kecamatan sebagai arahan-arahan untuk terbentuknya Tim penyusunan RKPDesa. Acuan dasar pembentukan Tim Penyusunan RKPDesa adalah Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa. Dalam Permendagri tersebut dijelaskan bahwa Kepala Desa selaku Pembina, Sekretaris Desa selaku Ketua, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat sebagai Sekretaris; dan anggota yang meliputi: Perangkat Desa, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan Unsur Masyarakat.

Persyaratan lain Tim Penyusunan RKPDesa Jumlah tim sebagaimana paling sedikit 7 (tujuh) dan paling banyak 11 (sebelas) orang. Tim Penyusunan RKPDesa harus mengikutsertakan perempuan. Dan Tim penyusun RKPDesa ditetapkan dengan keputusan Kepala Desa.

Tim penyusunan RKPDesa mencermati skala prioritas usulan rencana kegiatan pembangunan Desa untuk 1 (satu) tahun anggaran berikutnya sebagaimana tercantum dalam dokumen RPJM Desa yang ke depannya menjadi dasar dalam menyusun rancangan RKPDesa.

Penyusunan rancangan RKPDesa berpedoman kepada :

  1. Hasil kesepakatan musyawarah Desa;
  2. Pagu Indikatif Desa;
  3. Pendapatan asli Desa;
  4. Rencana kegiatan Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota;
  5. Jaring aspirasi masyarakat yang dilakukan oleh DPRD Kabupaten/Kota;
  6. Hasil pencermatan ulang dokumen RPJM Desa;
  7. Hasil kesepakatan kerjasama antar Desa; dan
  8. Hasil kesepakatan kerjasama Desa dengan pihak ketiga;

Pembentukan Tim penyusunan RKPDesa yang bertujuan untuk Mengevaluasi pelaksanaan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa), Memprioritaskan Program, Merencanakan Program kegiatan Desa, Melaksanakan kegiatan Desa atas unsur perangkat dan unsur masyarakat. Pemerintah Desa dapat merencanakan pengadaan tenaga ahli di bidang pembangunan infrastruktur untuk dimasukkan ke dalam rancangan RKPDesa. Tim penyusunan RKPDesa disetujui, dan untuk tetapkan mendapatkan SK Kepala Desa.

 

 

Dalam musyawarah tersebut disepakati dan disetujui susunan Tim penyusunan RKPDesa Sariwangi adalah sebagai berikut :

Pembina : MUSLIM
Ketua : ROSTIANI
Sekretaris : NURUL FUAD AMIN, M.Pd.
Anggota : 1. Drs. LUTFI ARIFIN
2. FITRIANA, S.IP.
3. AHMAD TAUFIK SUJA’I, S.Ag.
4. GURUH YUDHA APRIANTO, A.Md.T.
5. ABDUL HAMID
6. NINA SUDARYANI, S.PD.
7. DADANG SUHERLY
8. TEGUH HARYONO
9. IHSAN HASANUDIN

Semoga terbentuknya Tim Penyusunan RKPDesa ini Pembangunan Desa Sariwangi tepat guna dan memprioritaskan pembangunan yang benar-benar dibutuhkan oleh warga Desa Sariwangi. Perencanaan tersebut sesuai dengan kebutuhan rencana penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat Desa. (gyamphkanp).

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan