Website Desa Sariwangi

Sariwangi (07/10/2018). Alhamdulillah, dengan memanjatkan puji serta syukur ke Hadirat Alloh SWT, akhirnya kami Desa sariwangi telah memiliki Website sendiri dengan nama domain http://sariwangi.sideka.id. Website ini bertujuan untuk memberikan seluruh informasi tentang desa sariwangi yang lebih dikenal dengan Sistem Informasi Desa, baik informasi penyelenggaraan pemerintahan desa, struktural kelembagaan desa, sejarah desa, potensi desa, dan lain sebagainya yang berhubungan erat dengan Desa Sariwangi. Bahkan dengan sistem informasi desa ini kita bisa saling berbagi informasi dengan desa lain ataupun dengan pemerintahan daerah maupun pusat. Lebih dari itu kami juga berharap banyak masukan berupa gagasan dan saran untuk kemajuan potensi desa sariwangi.

Izinkan kami memperkenalkan sedikit tentang isi atau muatan dalam website ini. Dalam website Desa Sariwangi terdapat beberapa menu utama yang terdiri dari beranda, profil desa, kabar desa, produk, kependudukan dan kegiatan. Dalam menu profil desa terdapat sub menu yakni sejarah desa dan lembaga desa. Berikut ulasan tentang menu-menu tersebut:

Tampilan website Desa Sariwangi (1)

Beranda

Apa itu beranda? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) (sumber https://kbbi.web.id/). Beranda adalah ruang beratap yang terbuka (tidak berdinding) di bagian samping atau depan rumah (biasa dipakai untuk tempat duduk santai sambil makan angin dan sebagainya); teras; langkan. Adapun Sinonim lainnya tentang benranda adalah anjung, balkon, emper, halaman, pelataran, pendapa dan vestibula. Dalam bahasa sunda kita mengenal beranda itu dengan tepas atau teras.

Dalam dunia website atau internet beranda disebut juga halaman muka, front page, atau laman. . Jika sebuat website adalah sebuah rumah maka beranda adalah teras atau halaman mukanya. Jadi beranda adalah halaman depan dari sebuah situs web yang dirancang sebagai titik fokus pusat. Jadi istilah sederhananya beranda adalah tempat kita melihat atau menemukan postingan baik berupa media ataupun tulisan yang telah diunggah dalam sebuah website.  Dalam beranda Desa Sariwangi kita akan menemukan tentang yang pemerintahan desa sariwangi, kegiatan pemerintahan desa sariwangi, kegiatan keagamaan, pembangunan desa, potensi alam, potensi desa, dan lain sebagainya yang menyangkut dengan desa sariwangi.

Tampilan website Desa Sariwangi (2)

Profil Desa

Dalam menu profil desa terdapat sub menu yakni sejarah desa dan lembaga desa.

  1. Sejarah Desa

Muatan dalam sejarah desa berisi tentang sejarah tentang terbentuknya desa tersebut yang bermuatan politik, ekonomi sosial dan budaya, ataupun tentang kejadian-kejadian penting yang terjadi di sebuah desa.

  1. Lembaga Desa

Muatan dalam sub menu lembaga desa adalah stuktural lembaga-lembaga yang terdapat dalam desa tersebut. Sepetrti, struktur pemerintahan desa, BPD, LPM, MUI,BUMDes dan Lain Sebagainya.

Kabar Desa

Dalam menu ini anda dapat menemukan semua informasi yang terjadi di desa sariwangi, baik kabar politik, ekonomi, sosial , budaya, pembangunan, agama dan kegiatan lainnya yang dilaksanakan di desa sariwangi.

Produk

Dalam menu ini anda dapat menemukan produk-produk yang dimiliki di Desa Sariwangi.  Dengan kata lain website ini dapat membantu memasarkan produk desa sariwangi  baik yang di kelola pemerintahan desa maupun UMKM desa sariwangi.

Kependudukan

Kependudukan menginformasikan tentang segala informasi tentang data penduduk desa sariwangi. Data kependudukan yang bisa diklasifikasikan dari berbagai aspek sepeti data kemiskinan, pekerjaan, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya.

Kegiatan

Menu ini menginformasikan tentang kegiatan-kegiatan Pemertintahan Desa Sariwangi dan atau kegiatan-kegiatan yang ada di Desa Sariwangi.

Mungkin itu sekelumit perkenalan tentang website desa sariwangi. Semoga website ini menjadi sistem informasi Desa yang sangat amat bermanfaat bagi Desa Sariwangi pada khususnya dan bagi seluruh wilayah di Indonesia pada umumnya. Silahkan tulis dikolom komentar, kami sangat menunggu gagasan dan saran dari semua yang menyempatkan membaca postingan kami. Semoga Alloh memberkahi segala upaya baik kita dan semoga desa kita semakin maju dengan adanya sistem informasi desa ini. (gyamphkanp).

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan