Pandudesa Hastawangi Bersilaturahmi Dengan Pandu Desa Mangunreja

sumber : nuron
PANDU DESA GEL V
Peresmian Pelatihan dan Bimbingan Teknik Pengelolaan Sistem Informasi Desa, Sekolah Pandu Informatika yang di laksanakan di Desa Mandalamekar resmi di buka oleh Drs.Teten Masduki yang menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan. (dok : http://pancamandala.id)

Sariwangi (07/10/2018).  Pada tanggal 27 Agustus 2018 Peresmian Pelatihan dan Bimbingan Teknik Pengelolaan Sistem Informasi Desa, Sekolah Pandu Informatika yang di laksanakan di Desa Mandalamekar resmi di buka oleh Drs. Teten Masduki yang menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan dan dihadiri oleh direktur BP2DK, DPMDPAKB Kabupaten Tasikmalaya, semua Kepala Desa Yang ada di Kawasan Panca Mandala dan Para Peserta Angkatan I (pertama) dari 4 (empat) Kecamatan yang ada di Tasikmalaya.(sumber : pancamandala.id.).

Bimbingan Teknis Sistem Informasi Desa Angkatan  V (lima) Gelombang I (pertama) yang dilaksanakan di Desa Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya pada tanggal 24 – 29 September 2018, melahirkan komunitas yang bernama Pandu Desa. Kegiatan ini atas kerjasama dari KOMINFO, BAKTI, BP2Dk dan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya yang membuka Sekolah Pandu Informatika. Bimbingan Teknis Sistem Informasi Desa (SID) Angkatan V (lima) Gelombang I (pertama) mengikutsertakan para Pandu Desa dari 51 (lima puluh satu) Desa dari 6 (enam) Kecamatan diantaranya Kecamatan Mangunreja, Puspahiang, Sukarame, Leuwisari, Cigalontang, dan Sariwangi. Setiap Desa diwakili oleh 2 (dua) peserta , 1 (satu) peserta dari Perangkat Desa (laki-laki atau perempuan) dan 1 (satu) peserta dari Pengurus BUMDes/masyarakat penggerak desa lainnya (laki-laki atau perempuan).

Pandu Desa Hastawangi. (dok : gyamphkanp)

Pandu yang berarti penunjuk, perintis, pendidik dan Desa berarti sebuah kawasan yang yang dihuni sejumlah keluarga yang memiliki sistem pemerintahan sendiri. Pandu Desa adalah Komunitas relawan yang mendorong, merintis, kemajuan desa. Sekolah Pandu Informatika mengajarkan tentang Pemetaan Desa, Internet Sehat, Jurnalisme Desa, Kependudukan, Kemiskinan dan Posyandu serta Akuntansi Keuangan Desa. Untuk Bimbingan Teknis Sistem Informasi Desa Angkatan  V (lima) Gelombang I (pertama) yang dipelajari Pemetaan Desa, Internet Sehat dan Jurnalisme Desa. Bimbingan Teknis Sistem Informasi Desa Angkatan  V (lima) Gelombang II (kedua) akan dilaksanakan 05 – 07 November 2018.

Pandu Desa Kecamatan Sariwangi yang terdiri dari 8 (delapan) Desa, yakni Desa Sariwangi, Jayaputra, Jayaratu, Sirnasari, Selawangi, Sukamulih, Sukaharja dan Linggasirna. Pandu Desa se-Kecamatan Sariwangi ini pun menamai mereka dengan Pandu Desa Hastawangi. Pandu Desa Hastawangi saling berbagi informasi antar Desa se-Kecamatan Sariwangi, berbagi ilmu di bidang web, bekerjasama dalam pemetaan, dan berbagi pengetahuan teknis tentang Sistem Informasi Desa dan Kawasan yang berada di Kecamatan Sariwangi dan Desa-desa lainnya yang berada di Indonesia. Tujuannya untuk memajukan Desa-desa di wilayah Kecamatan Sariwangi.

Silaturahmi 2 (dua) Pandu Desa, Pandu Desa Sariwangi (kiri) dan Pandu Desa Mangunreja (kanan). (dok : Abah Jae-Mangunreja)

Pada hari Jumat tanggal 05 Oktober 2018, salah satu Pandu Desa Hastawangi berkunjung ke Desa Mangunreja yang beralamat di Jl. Sukaraja – Mangunreja Tasikmalaya, dan bertemu dengan salah satu Pandu Desa Mangunreja. “Abah Jae” panggilan akrabnya Zaenal Arifin, menyambut kami dengan ramahnya dan mengajak kami berbincang di ruangan nya. Disela kesibukan nya sebagai Sekretaris Desa Mangunreja, Zaenal Aripin pun menghimpun seluruh pandu se-Kecamatan Mangunreja hanya sekedar untuk saling sharing satu sama lainnya. Tujuannya untuk bisa saling berbagi ilmu yang ditangkap para Pandu dari satu desa dan desa lainnya yang berada di kecamatan mangunreja. Hal ini juga Tak beda jauh dengan Pandu Desa Hastawangi yang sering berkumpul walau tak terencana, hanya untuk sharing mendesain website Desa, berbagi ilmu pemetaan dan website serta membicarakan langkah-langkah Pandu Desa Hastawangi ke depannya.

Zaenal Arifin disela kesibukannya. (dok : Abah Jae-Mangunreja)

Zaenal Arifin yang merupakan Pandu Desa Mangunreja yang juga menjabat sebagai Sekretaris Desa Mangunreja, berbincang hangat dengan kami. “Alhamdulillah dengan Bimbingan Teknis ini kita bisa bersilaturahmi saling mengenal satu sama lainnya, dan juga kita bisa saling sharing tentang Sistem Informasi desa atar Desa khususnya di wilayah Kabupaten Tasikmalaya dan Umumnya seluruh Indonesia” tutur Zenal Arifin.  Dia juga menambahkan “ dengan Program ini, jika di kemudian hari tidak menutup kemungkinan kita bisa bekerjasama antar Desa, antar Kecamatan atau bisa jadi Antar Kabupaten, misalnya kerjasama BUMDes-nya dengan Desa Sariwangi Misalnya”.

Hal menarik penulis kenapa kunjungan pertama ke Kecamatan Mangunreja, karena penulis tertarik dengan BUMDes yang berada di salah satu desa di Kecamatan Mangunreja, yakni Desa Pasirsalam. BUMDes Percontohan Kabupaten Tasikmalaya ini memiliki omset yang cukup besar dala kurun 10 (sepuluh) bulan. Pandu Desa Hastawangi pun tertarik untuk berbagi ilmu, saran dan teknis dari pengurus BUMDes Pasirsalam yang sekaligus Pandu Desa Pasirsalam.

Moment pertemuan ini walau hanya sekedar namun sangat bermanfaat bagi kamu sebagai Pandu Desa khususnya saya sebagai Pandu Desa Hastawangi (Desa Sariwangi). Kami sadari Pandu Desa Hastawangi pun merasa belum cukup ilmu yang kami pahami secara seutuhnya. Namun dengan kita saling berkomunikasi, berkoordinasi dengan staf pengajar dan atau saling sharing dan berbagi ilmu dengan pandu-pandu Desa lainnya.

Hal teknis yang sedang kami usahakan secepatnya adalah untuk sosialisasi ke warga masyarakat, karena jika kita saling berkesinambungan maka akan terjalin simbiosis mutualisme. Program pemerintah ini harus segera terealisasikan untuk mempublikasikan Potensi Desa kepada dunia, membuat sisi marketing produk desa semakin luas, dan menunjukan profesionalisme Desa. Hal tersebut akan berjalan sukses jika seluruh lini saling bergandeng tangan, masyarakat, Pemerintahan Desa, Pemerintahan Daerah dan Pemerintahan Pusat. Semoga dengan Pandu Desa Hastawangi ini produktivitas desa-desa yang berada di Kecamatan Sariwangi dan menciptakan peluang bisnis baru serta lapangan pekerjaan baru. Merdesa. (gyamphkanp).

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan