Sekelumit Tentang Desa Sariwangi

Kantor Kepala Desa Sariwangi Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya
Salah satu area pesawahan di Desa Sariwangi. (dok : gyamphkanp)

Sariwangi, (02/10/2018). Jika kita mendengar sariwangi apa yang terbesit didalam benak anda?? Mungkin dari se bahagian anda ketika mendengar kata Sariwangi anda akan mengingat salah satu produk teh terkenal di Indonesia. Tidak ada yang salah dengan persepsi itu, namun jika ditelaah tulisannya dengan seksama sariwangi produk sebuah teh itu ditulis dengan “SariWangi”, huruf “S” dan “W” nya kapital. Berbeda dengan Sariwangi-nya Kami, adalah sebuah wilayah atau tempat yang mungkin menghasilkan produk bukan sebagai nama produk. Disini kami akan sedikit menginformasikan tentang Sariwangi yang lain yang mungkin kemudian hari anda ingin mengenal dan mengunjungi nya.

Sariwangi adalah nama salah satu wilayah yang berada di pulau jawa tepatnya berada di Provinsi Jawa Barat. Provinsi Jawa Barat Secara administratif sejak tahun 2008, jumlah Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Barat berjumlah 26 Kabupaten/Kota terdiri atas 17 Kabupaten dan 9 Kota dengan 625 Kecamatan dan 5.877 Desa/Kelurahan (sumber : Provinsi Jawa Barat).

Salah satu jalan yang berbatasan dengan Desa Linggawangi. (dok : gyamphkanp)

Di Jawa Barat sendiri terdapat 2 (dua) nama Desa yang bernama Sariwangi. Yang pertama terdapat di Kabupaten Bandung Barat yakni Desa Sariwangi Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Yang kedua terdapat di Kabupaten Tasikmalaya, yang uniknya nama kecamatan dan desa bernama Sariwangi yakni Desa Sariwangi Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya. Disini penulis akan menceritakan sekelumit tentang Desa Sariwangi Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya.

Desa Sariwangi adalah satu Desa dari Kecamatan Sariwangi yang terdiri dari  8 (delapan) Desa yakni Desa Sariwangi, Desa Selawangi, Desa Linggasirna, Desa Jayaputra, Desa Jayaratu, Desa Sukamulih, Desa Sukaharja dan Desa Sirnasari. Desa Sariwangi berbatasan dengan 3 (tiga) Desa dalam cakupan Kecamatan Sariwangi dan 1 (satu) Desa Kecamatan Leuwisari. Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Sukamulih Kecamatan Sariwangi, Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Jayaputra dan Desa Linggasirna Kecamatan Sariwangi, Sebelah Barat berbatasan dengan dengan Desa Sukamulih dan Desa Jayaputra Kecamatan Sariwangi, sebelah Timur berbatasan Desa Selawangi Kecamatan Sariwangi dan Desa Linggawangi Kecamatan Leuwisari.

Mungkin itu sekelumit bahagian dari Desa Sariwangi, untuk lebih lengkapnya tentang Desa Sariwangi dari berbagai aspek kemasyarakatan akan kami sampaikan di menu Profil Desa sub Menu Sejarah Desa.  Kami mohon share, komen, saran dan gagasannya untuk web ini demi melengkapi kekurangan dalam penulisan kami dan memotivasi kami untuk lebih baik lagi. Semoga bermanfaat. (gyamphkanp)

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan